Senin, 14 November 2011

Losari : Kebun Kopi yang Tersembunyi


Siang itu langit kelabu. Kabut menggantung, tertiup angin lembah, mengarak tak tentu. Aku menepis gerimis yang menerpa tubuhku tak habis-habis, hingga aku bergegas masuk menuju ruang respsionis. Mata segar memandang hamparan hijau tebentang, harum bunga tambah menyegarkan pikiran dan suasana. Tumbuhan kopi di mana-mana. Diselingi Kelapa, perdu, dan bunga-bunga. Disinilah aku berada. di kebun kopi losari, Ambarawa.
Telah lama aku tahu tentang Losari, baru kali ini aku menginjakkan kaki. Memang tak berlebihan jika majalah yang dulu ku baca, mengagumi asri dan indahnya pemandangan di kebun kopi Losari. Mungkin tidak banyak yang tahu tentang kebun kopi ini, letaknya disembunyikan oleh rimbunnya hutan. Jika ditempuh dari Jogjakarta, maka rute terdekat yang bisa ditempuh adalah melalui Magelang. Setelah itu, mengikuti jalur ke Semarang sekitar 20 km. Setelah itu silakan lihat petunjuk atau tanyakan pada tukang ojek. Alasannya karena para tukang ojek biasa mengantar tamu kesana.
Di lahan seluas kurang lebih 22 ha ini berdiri vila-vila dengan gaya klasik dan resort dengan segala fasilitasnya. Dari dataran 800 mdpl ini juga kita dapat menyaksikan keanggunan gunung-gunung yang menawan seperti gunung Merbabu, Merapi, Andong, Sumbing, dan Sindoro. Selain dapat menikmati keindahan alamnya,
disajikan pula menu makanan dan minuman tradisonal maupun a la barat. Seperti menu kopi khas Losari yang waktu itu aku coba, sungguh nikmat. menu ini dibanderol harga 45.000.
Ada satu kegiatan favorit yang disediakan di kebun kopi Losari, yaitu coffee tour. Kegiatan ini memfasilitasi pengunjung untuk berjalan-jalan menikmati rimbunnya kebun kopi, menyaksikan pengolahan kopi, dan tentu saja menikmati kopinya. Kegiatan ini diadakan setiap hari pada pagi hari dengan biaya tour 150.000 untuk pengunjung domestik.
Kebun kopi yang sekarang dimiliki oleh pengusaha muda, Sadiaga Uno ini, memang layak untuk direkomendasikan. Walaupun layanan dan menunya terasa mahal, namun bisa dibilang sebanding dengan segala suasana dan rasa yang tersajikan. Kebun losari hanya sebagian kecil dari keindahan Indonesia. Pergi bersama teman atau keluarga tuntu akan semakin istimewa.

0 komentar:

Posting Komentar